Kamis, 28 Oktober 2010

PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

1.PERANGKAT INPUT

         Perangkat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct input) dan tidak langsung (indirect input). 
Contoh perangkat input      :


A.MOUSE
Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakan pointer pada sebuah sistem,dan penemunya adalah Douglas Engelbert.
biasanya memiliki 3 tombol default masing-masing tombol memiliki fungsi sendiri-sendiri di desain untuk mempermudah pengguna komputer menavigasi suatu sistem, software pada komputer..., sebagai alat input data selain keyboard, karena bentuknya menyerupai seekor tikus maka alat tetikus ini diberi nama Mouse.




B.KEYBOARD
Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbol-simbol khusus lainnya pada computer.Penemunya adalah Christopher Latham 
Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik..

C.SCANNER
Scanner adalah periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.
digunakan untuk mengopy gambar atau teks yang kemudian,hasilnya akan ditampilkan di computer

D.JOYSTICK
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Digunakan untuk menggerakan kursor dalam computer seperti Mouse atau sebagai controller dalam game agar User bisa leluasa menggerakan object / Mengontrol sesuai kehendaknya.

E.MICROPHONE
Mikrofon adalah alat yang mengubah suara menjadi sinyal listrik. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telephone, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio dan televisi.
Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.


2.PERANGKAT OUTPUT
Perangkat output berfungsi sebagai mengeluarkan data yang telah di inputkan oleh perangkat Input Device. sebagai hasil final tampilan dari data/perintah yang telah di proses oleh sistem komputer. output yang di keluarkan bisa dalam berbagai bentuk misalnya gambar, huruf, angka, symbol dan suara

A.MONITOR
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.
Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor

B.SPEAKER
Speaker adalahSebuah perangkat yang mengubah sinyal audio analog menjadi getaran udara setara untuk membuat suara yang dapat didengar
C.PRINTER
Printer adalah perangkat yang menerima teks dan output grafis dari komputer dan transfer informasi ke kertas, biasanya untuk ukuran standar lembaran kertas.

D.LCD PROYEKTOR
Lcd proyektor adalah proyektor yang memakai lcd sebagai elemen penampil gambarnya. prinsipnya sebuah lampu disorotkan di belakang sebuah layar lcd yang menampilkan gambar dan cahaya lampu akan menembus lcd dengan membawa elemen warna dan gambar yang tersaring oleh lcd..

.










1 komentar:

  1. my video games & how much I spent on my gambling and
    My video games & how much I spent on my gambling and sports video games & how much I spent on my gambling and sports gambling video games & how much I spent on my gambling and sports gambling. youtube mp4 4 hours ago.

    BalasHapus